Mitsubishi Ganti 4 Komponen Bermasalah pada Pajero Sport, Triton, Delica dan Lancer

Pajero Sport | carbay

Pajero Sport | carbay

Jakarta –  Angpao888.com:  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengumumkan kampanye penarikan kembali (recall) ratusan ribu unit kendaraan penumpang dan niaga.

Sedikitnya, berdasarkan siaran pers KTB, ada empat komponen yang bermasalah, dan terdapat pada mobil-mobil seperti Pajero Sport, Triton, Delica, sampai Lancer, dengan jumlah total lebih dari 124.435 unit.

KTB akan segera mengirim surat pemberitahuan resmi kepada para pemilik yang mobil-mobilnya terindikasi terkena dampak recal tersebut. Komponen tersebut akan diganti dengan komponen baru dan biaya pemasangan gratis.

Kampanye ini akan dimulai segera di seluruh jaringan panjualan Mitsubishi di Indonesia pada 6 Juni 2016. Konsumen yang merasa mobilnya disebut diatas, bisa segera melakukan booking service agar segera ditangani.

Empat Komponen yang bermasalah yang akan diganti Mitsubishi di Indonesia yaitu:

1. Inflator Airbag

Kemungkinan karena menggunakan merek Takata, sehingga mengalami masalah yang sama dengan jutaan unit mobil-mobil dari berbagai merek di seluruh dunia.

Inflator Airbag dianggap bermasalah karena saat mengembang bisa menyemburkan serpihan partikel keras yang tentu saja bisa menyebabkan pengemudi dan penumpang cidera, bukannya malah melindungi dari benturan.

KTB mengaku masih menginvestigasi penyebab serpihan partikel airbag tersebut bisa terlepas bersamaan dengan mengembangnya airbag, namun penggantian komponen dilakukan sebagai bentuk pencegahan. Lama perbaikan diklaim kurang dari satu jam.

Inflator Airbag bermasalah terjadi pada Strada Triton Exceed & GLS AB, produksi 2006-2014 sebanyak 10.927 unit, Lancer GLX & SEI buatan 2007-2010 dengan total 61 unit.

2. Combination Switch

Combination switch | google

Combination switch | google

Ada gesekan kecil yang terjadi di dalam terminal saat mengaktifkan tuas lampu sein dan tuas wiper, sehingga membuat komponennya aus dan mengakibatkan saklar bekerja tidak sempurna.

Efeknya, selain lampu sein, foglamp, juga lampu utama bisa kadang-kadang tidak menyala. Begitu juga dengan kerja wiper yang bisa tidak optimal merespon pergeseran tuas.

Kalau tidak aus parah, perbaikan akan dilakukan dengan cara menambahkan grease pada bagian tuas tersebut, dengan lama perbaikan sekitar 30 menit.

Combination Switch bermasalah terjadi pada Pajero Super Exceed 3.8, produksi 2008-2013 62 unit, Pajero Sport 2009-2014 67.889 unit, Delica 2014 71 unit, Lancer EX & Lancewr Evolution 2009-2010 1.4.01 unit, dan Strada Triton 2006-2014 dengan total 53.778 unit. Dilansir dari otomotif.

3. ETACS ECU

Masih seputaran lampu, komponen ETACS ECU pada lampu utama dan wiper tidak berfungsi, sehingga perlu dilakukan penggantian komponen dengan lama waktu pengerjaan mencapai 2 jam.

Lancer EX dan Evolution produksi 2009-2010 dengan total 79 unit adalah model yang terkena dampak kompoenen bermasalah ini.

4. Fuel Tank

Ilustrasi fuel filler neck | tribun

Ilustrasi fuel filler neck | tribun

Hasil temuan sementara telah ditemukan adanya pengelasan yang tidak sempurna pada fuel filler neck, sehingga berpotensi menyebabkan kebocoran bahan bakar. Karenanya, komponen tersebut harus diganti dengan lama pengerjaan satu jam.

Sedangkan fuel tank bermasalah hanya terjadi pada model L300 2014 dengan jumlah 740 unit. (th)

Related News

Dibaca 257 kali

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz
Read previous post:
BMW | bauercdn
Kalah Saing dengan Tesla, BMW Kembangkan Mobil Self-Driving

Setelah beberapa tahun mengembangkan teknologi hybrid, kini produsen mobil Jerman...

Close